Selasa, 16 Februari 2016

Standarisasi International


ITS & OEKO TEST
 

Standart Test International:

  • Dimension Stability to Washing, yang berguna untuk mengetahui dimensi bahan sebelum dan sesudah cuci, apakah ada perubahan bentuk
  • Color Fastness to rubbing, yang berguna untuk mengetahui tingkat kelenturan bahan pada media lain sebelum pencucian
  • Color Fastness to rubbing after wash, yang berguna untuk mengetahui tingkat kelunturan bahan pada media lain setelah pencucian
  • Color Fastness to washing, yang berguna untuk mengetahui tingkat kelunturan pada saat dan setelah pencucian(perubahan warna)

OEKO TEST terdiri dari 3 test:

a. pH Value Test, untuk mengukur asam basa dari bahan, jika tidak sesuai standart bahan maka akan cepat rusak / rapuh

b. Azo test, untuk mengukur kadar bahan pewarna yang digunakan apakah aman bagi kulit. Zat pewarna Azo mengandung Aminez, jika melebihi dari 30 Ppm maka dapat membahayakan kulit.

c. Formaldehyde test, untuk mengetahui kadar formaldehyde pada bahan tidak melebihi 60Ppm (sesuai standar Amerika), jika melebihi 60 Ppm dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan kanker kulit.

Suatu Produk agar bisa diekspor harus memenuhi kualitas / standar test yang di setujui oleh negara tujuan, demikian pula yang berlaku pada produk-produk Fiori. sebelum di eksport produk Fiori harus menjalani dari kain pembungkus cup, renda, cup lapisan bra, lis bra, karet bahu, kain pembungkus kawat dan sebagainya.

Uji standarisasi ini dilakukan oleh lembaga penelitian yang keakuratannya telah diakui oleh Dunia International, yaitu lembaga Intertek.

0 komentar:

Posting Komentar